Home » blog » 7 faktor penyebab Bau Mulut

7 faktor penyebab Bau Mulut

7 Faktor penyebab bau mulut

Pondok Gigi

Saat kita bekomunikasi dengan lawan bicara terkadang ada hal yang dapat mengganggu, hal tersebut membuat suasana menjadi kurang baik, hal ini disebabkan antara lain karena bau mulut yang tercium saat kita sedang berbicara dengan seseorang. pembicaraan serius atau sekadar obrolan ringan yang seharusnya mengalir dan meningkatkan antusiasme dari masing-masing pihak yang berkomunikasi dapat menjadi “runyam” disebabkan hadirnya bau mulut diantara komunikasi tersebut. Untuk itu, tentu kita harus berani buka mulut tanpa takut lawan bicara tutup hidung dengan mengetahui cara yang benar untuk menghindari ataupun mengobati bau mulut dan nafas yang tidak sedap.

Penyebab bau mulut tentu sangat bervariasi selain cara kita menjaga kesehatan mulut dan gigi hingga pemilihan asupan makanan yang kita konsumsi sehari-hari, untuk itu Pondok Gigi sebagai salah satu klinik gigi yang berada di Jakarta Selatan hadir untuk membantu Anda dalam menjaga kesehatan mulut dan gigi dengan berbagai pelayanan kesehatan yang lengkap dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Berikut 7 Faktor penyebab bau mulut yang sebaiknya kita hindari;

  • Karang Gigi

Karang Gigi merupakan salah satu penyebab bau mulut yang dapat menyebabkan terganggungnya komunikasi kita dengan lawan bicara saat melakukan pembicaraan serius maupun sekedar obrolan santai. Karang gigi ataupun disebut juga kalkulus gigi yang merupakan plak gigi yang mengeras, adapun plak gigi sendiri terbentuk dari lapisan bening gigi dan kuman. Saat plak gigi dan zat kapur yang beada dalam air liur menyatu membentuk karang gigi. Plak gigi adalah cikal bakal karang gigi saat bakteri dalam mulut bercampur dengan sisa makanan dan protein. Untuk itu plak gigi ini perlu dibersihkan secara teratur agar tidak terbentuknya karang gigi, karena karang gigi tersebut adalah plak gigi yang menjadi keras dan tumbuh secara perlahan sedikit demi sedikit diarea gigi sehingga dapat menyebabkan timbulnya bau mulut.

  • Gigi Berlubang

Gigi Berlubang, seperti kita ketahui bersama bahwa gigi berlubang dapat disebabkan oleh berbagai faktor seperti sedikit malas menggosok gigi dan makan makanan yang keras juga faktor umur yang menyebabkan gigi mudah untuk berlubang. Sehingga, saat gigi berlubang kuman dan bakteri tidak baik dapat menyebabkan timbulnya bau mulut dan dapat membuat tidak nyaman.

  • Penyakit Sistemik

Faktor penyakit sistemik seperti kencing manis, penyakit jantung, penyakit hati, penyakit saluran pernafasan, gangguan pencernaan bahkan sakit maag akan mempengaruhi keseimbangan asam basa didalam mulut sehingga akan timbul aroma tidak sedap yang keluar dari mulut penderita penyakit sistemik ini.

  • Kurangnya Asupan Bergizi

Asupan bergizi bagi tubuh yang kita konsumsi setiap hari tentu akan berpengaruh pada kesehatan kita, khususnya pada kesehatan mulut dan gigi sehingga akan mempengaruhi nafas dan bau mulut kita. Akibat kekurangan karbohidrat salah satunya dapat menimbulkan berbagai penyakit salah satunya menyebabkan bau mulut salah satunya disebabkan asam lambung dan menyebabkan bau mulut yang tidak sedap.

  • Perokok

Seperti kita ketahui bersama, aktifitas merokok akan sangat berpengaruh besar terhadap kesehatan khususnya gigi dan mulut, selain akan timbul noda pada gigi karena mengandung tar dan nikotin rokok akan menyebabkan bau mulut yang sulit untuk dihilangkan.

  • Alkohol

Alkohol sebagai penyebab bau mulut berikutnya dikarenakan berpotensi mengakibatkan masalah pada pencernaan sehingga akan menyebabkan bau mulut.

  • Kesehatan Rongga Mulut yang Buruk

kesehatan rongga mulut yang tidak baik tentu akan menyebabkan masalah bau nafas yang tidak sedap sehingga akan menyebabkan Anda kurang optimal dalam berkomunikasi dengan orang lain.

Demikian beberapa faktor yang dapat menyebabkan masalah bau mulut atau nafas yang tidak sedap, ada baiknya kita memperhatikan lebih terhadap kesehatan gigi dan mulut mulai dari sekarang. Kami percaya Anda berhak mendapatkan yang terbaik untuk kesehatan mulut dan gigi dalam menunjang kegiatan dan aktifitas sehari-hari.

Pondok Gigi sangat peduli dengan kesehatan gigi dan mulut Anda, agar komunikasi tetap dapat berjalan baik dan goals dari setiap pembicaraan dapat lebih fokus dan tercapai pada akhirnya dalam suasana yang sangat mendukung, yaitu dengan hilangnya Bau Mulut dalam komunikasi bersama lawan bicara Anda.

Silahkan untuk konsultasi dan tanya jawab seputar permasalah gigi dan mulut dengan senang hati Pondok Gigi siap memberikan pelayanan terbaik kepada Anda perihal pencegahan dan pengobatan yang berkaitan dengan kesehatan mulut dan gigi melalui alamat atau nomor telepon dibawah ini ;

📍Jalan Pangeran Antasari Prapatan Mawar No 1 Cipete selatan Jaksel
☎️ 0812-3206-6161
📩 0813-3057-7810
📧 pondokgigi@gmail.com

Berani Buka Mulut Tanpa Takut Lawan Bicara Tutup Hidung bersama Pondok Gigi, aasakan kesehatan mulut dan gigi yang lebih baik hanya di Pondok Gigi klinik gigi terbaik di Jakarta Selatan.