Home » Our Services » Dental Crown

Dental Crown

Dental Crown (Gigi Tiruan Cekatan)

pondok-gigi-klinik-gigi-di-jakarta-selatan-dental-crown

Pada perawatan ini Dental Crown atau gigi tiruan cekatan memiliki fungsi untuk menggantikan fungsi gigi yang hilang atau gigi yang tidak berfungsi dengan baik (gigi yang sudah dilakukan Perawatan saluran akar dengan lubang besar; gigi patah; gigi renggang), selain itu fungsi crown adalah untuk memperbaiki estetik dan fungsi fonetik (bicara). Ada beberapa varian bahan yang digunakan dalam perawatan Dental Crown, antara lain:

  • Bahan Emax, bahan ini memiliki estetika sangat baik dan juga memililki kekuatan yang merata dari ujung crown tipis hingga ujung yang paling tebal. Gigi memeilik beberapa gradasi warna dan emax merupakan salah satu bahan terbaik yang dapat mengimplementasikan gradasi-gradasi warna yang terdapat pada gigi.
  • Zirkonia, bahan ini memiliki kekuatan yang sangat baik yang hamper menyerupai logam. Namun secara estetik masih berada dibawah bahan Emax.

Porcelain Fused to Metal, crown ini terdiri dari 2 jenis bahan yaitu metal dan porcelain. Metal memberikan kekuatan maksimal pada crown tetapi memiliki efek penggunaan dalam jangka panjang, yaitu munculnya warna metal pada gigi (gusi berubah jadi agak kehitaman). Sementara bahan porcelain berfungsi untuk menutupi warna metal dan menghasilkan bentukan dan warna yang sesuai dengan gigi asli. Kekurangan bahan ini adalah kekuatannya tidak sebaik metal, sehingga dalam penggunaan jangka panjang, bahan porcelain kerap kali terkikis yang akan membuat warna metal didalamnya menjadi terekspos. Bahan ini sangat tidak dianjurkan untuk perawatan gigi belakang.