Gigi Tanggal, Bisakah Dipulihkan?

Banyak yang menyangka gigi tanggal atau copot adalah akhir segalanya. Namun sebenarnya masih bisa diselamatkan selagi masih dalam golden period. Bagaimana caranya?

Bertindak Cepat

Seperti juga dengan menangani stroke, yang paling penting saat gigi tanggal adalah memanfaatkan golden period yang biasanya berkisar dalam waktu setengah jam. Pada saat ini gigi masih bisa diselamatkan selagi dijaga kebersihannya. Cuci segera gigi tersebut dengan air bersih dan selanjutnya kita menjaganya dengan merendamnya dalam cairan susu atau jika tidak tersedia, bisa diletakkan di bawah lidah.

Langkah selanjutnya adalah segera mencari dokter gigi yang memiliki kompetensi memasang kembali gigi tersebut. Jika memang langkah replantasi gigi masih memungkinkan dilakukan, maka tindakan cepat bisa segera diambil.

Tindakan yang akan dilakukan oleh dokter adalah membersihkan gigi dan soketnya, pemberian anestesi, lalu dilakukan penjahitan dan  pengikatan (splinting) beberapa gigi sebelahnya agar gigi avulsi tersebut dapat stabil berada di dalam soket sampai terjadi penyembuhan. Beberapa minggu kemudian hasil replantasi akan dievaluasi, apakah berhasil menyatu kembali atau tidak. Bila tidak terjadi revitalisasi, maka akan dilakukan tindakan tambahan seperti perawatan akar agar bisa menyatu kembali.

Namun langkah ini besar kemungkinan gagal bila golden period sudah terlewati. Karena itu, semuanya harus dilakukan dengan cepat dan ditangani ahli yang memang profesional. Usia pasien juga sangat menentukan proses replantasi. Pada anak berusia 8 – 12 tahun, akar gigi seri sedang dalam tahap penyempurnaan sehingga ujung akar (periapikal) tempat saraf dan pembuluh darah masuk ke dalam gigi masih lebar, yang disebut immature tooth.

Untuk pelayanan perawatan gigi dari dokter gigi terbaik, Pondok Gigi menyediakan layanan di Jalan Antasari no 20b, Cipete, Jakarta Selatan. Silakan hubungi 0812-3206-6161 untuk membuat janji perawatan gigi.

Recommended Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *