Aduh, Gigi Saya Patah!

Pernah merasa ujung gigi terasa kasar dan tajam saat mengenai lidah? Atau ngilu yang hilah timbul saat minum atau makanan dingin? Atau terlihat jelas saat kita bercermin kalau kondisinya tidak rata lagi? Itu adalah ciri dari gigi patah.

Gigi patah tentu mengganggu penampilan. Banyak yang merasa minder, namun malas untuk melakukan perbaikan. Padahal hal ini bisa diatasi jika ditangani oleh dokter yang profesional dan kompeten.

Gigi patah bisa disebabkan oleh kebiasaan menggigit benda atau makanan keras. Bisa pula karena kecelakaan kecil ataupun besar. Kebiasaan makan-makanan asam, panas, atau dingin ekstrim juga memperlemah struktur gigi sehingga saat terkena benturan menjadi rawan patah. Kebiasaan-kebiasaan ini perlu dihindari untuk mencegah terjadinya gigi patah.

Lalu apa yang harus dilakukan jika gigi kita patah? Segera bilas dan kompres dengan air hangat, terutama jika terjadi luka pada gusi. Simpan patahan gigi jika ada. Lalu segera ke dokter gigi untuk mendapat perawatan dan solusi terbaik. Selanjutnya, perbaiki pola makanan dan rutin menjaga kebersihan gigi, karena bisa saja peristiwa ini terjadi lagi dengan gigi lainnya. Gigi yang patah juga bisa memberikan beban lebih kepada gigi-gigi di sekelilingnya, sehingga menyebabkan kerusakan lebih lanjut.

Jika gigi terlanjur patah, maka menurut situs alodokter, ada beberapa perawatan yang akan dilakukan oleh dokter gigi. Jika masih memungkinkan, bisa saja dilakukan gluing, atau menyambung kembali gigi yang patah. Bisa pula dilakukan bonding, atau mengisi bagian yang patah dengan resin. Jika patahannya hanya kecil, bisa pula dilakukan filling, atau menambal bagian yang patah. Crowning bisa dilakukan jika bagian yang patah sangat besar, sehingga perlu dilakukan penggantian mahkota gigi. Veneering juga menjadi alternatif. Namun jika kerusakannya sangat parah, bisa saja dilakukan perawatan saluran akar agar infeksi tidak berlanjut.

Untuk perawatan dari dokter gigi terbaik dan kompeten di bidangnya, silakan kunjungi Klinik Gigi Pondok Gigi yang beralamat di Jalan Antasari 20b, Cipete, Jakarta Selatan. Hubungi 0812-3206-6161 untuk membuat janji kunjungan, agar bisa mendapat pelayanan terbaik.

Recommended Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.