Gigi dan Hubungannya dengan Penyakit Jantung

Banyak yang tidak menyadari mulut dan gigi menjadi gerbang bagi banyak penyakit berat lainnya. Wajar saja, karena mulut menjadi pintu berbagai makanan, sehingga penyakit pun bisa bermula di sini. Dan salah satunya adalah penyakit jantung. Kok bisa?

Menurut situs Alodokter, gangguan yang terjadi pada gigi dan gusi diketahui dapat menyebabkan berbagai penyakit lain yang lebih serius, seperti diabetes, jantung, demensia, gangguan kehamilan, dan stroke.

Walaupun belum dipahami benar bagaimana hubungan langsung antara penyakit pada mulut dan gusi dengan penyakit jantung, namun diperkirakan bahwa peradangan (gingivitis), penyempitan pembuluh darah, juga terjadi pada saat kita mengalami peradangan pada gusi. Ini mirip dengan terjadinya penyempitan pembuluh darah dan peradangan pada stroke dan penyakit jantung. Sumbernya juga sama, yaitu timbunan plak. Dan bakteri yang ditemukan sebagai penyebabnya juga mirip.

Itulah mengapa mereka yang mengalami penyempitan pembuluh darah atau diabetes dianjurkan untuk lebih rutin memeriksakan kesehatan gusi dan gigi. Rokok juga dianjurkan untuk dihentikan dan jika terjadi gangguan gigi dan gusi untuk segera diatasi.

Untuk perawatan oleh dokter gigi terbaik se Jakarta, Pondok Gigi, Klinik Gigi yang beralamat di Jalan Antasari 20b, silakan hubungi 0812-3206-6161 untuk membuat janji kunjungan.

Recommended Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.