Kanker Mulut. Ih Serem!

Kanker menjadi salah satu momok yang menakutkan dalam kehidupan manusia modern. Makanan tak sehat, udara terpolusi, terpapar bahan kimia yang tidak aman, dan tingkat stres yang tinggi membuat kita semakin rawan terkena kanker. Dan salah satu yang cukup ditakuti adalah kanker mulut.

Kanker mulut adalah kanker yang terjadi pada jaringan dinding mulut, bibir, lidah, gusi, atau langit-langit. Kanker ini bisa juga dapat terjadi pada jaringan di tenggorokan (faring) dan kelenjar ludah. Ini mungkin saja terjadi jika muncul pertumbuhan jaringan yang abnormal di mulut.

Menurut situs alodokter, penanda hadirnya kanker mulut antara lain sariawan yang tidak kunjung sembuh, muncul bercak putih atau merah, serta rasa sakit di dalam mulut. Dan pada ujungnya bisa timbul benjolan tidak wajar yang menyebabkan rasa tidak nyaman. Berbahayanya lagi, jika dibiarkan, dalam stadium lanjut sel kanker bisa menyebar dan menyebabkan pertumbuhan di organ-organ lain.

Jika sudah terdeteksi sejak dini, maka tindakan operasi laser bisa dilakukan untuk menyelamatkan sebanyak mungkin jaringan yang masih sehat. Namun jika sudah mulai menyebar ke sekitar, maka mau tidak mau penyayatan mesti dilakukan. Jika bagian yang dibuang cukup besar, maka bisa pula dilakukan rekonstruksi muka agar penampilan penderitanya bisa kembali seperti semula. Radioterapi dan kemoterapi mungkin dilakukan untuk lebih efektif membunuh sel kanker yang masih ada.

Kanker mulut sebenarnya bisa dicegah dengan berhenti merokok, makan sayur dan buah-buahan lebih banyak, menjaga kebersihan mulut, dan yang terpenting adalah mengecek kesehatan gigi dan mulut secara rutin, sehingga kehadiran kanker bisa terdeteksi lebih awal,

Untuk perawatan oleh dokter gigi terbaik se Jakarta, Pondok Gigi, Klinik Gigi yang beralamat di Jalan Antasari 20b, silakan hubungi 0812-3206-6161 untuk membuat janji kunjungan.

Recommended Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.