Cara Menyikat Gigi yang Benar

Banyak masalah gigi dan mulut, seperti karang gigi dan gusi berdarah, sering terjadi karena cara menyikat gigi yang keliru. Lalu seperti apa yang benar?

Menurut situs alodokter, seharusnya menyikat gigi mengikuti kaidah berikut ini:

  1. Memperhatikan posisi sikat gigi. Sikat gigi tidak ditempelkan menyeluruh ke gigi, namun cukup sampai tepi gigi yang dekat dengan gusi.
  2. Mulailah menyikat gigi dari sisi depan gigi di salah satu sisi mulut. Sikatlah gigi Anda dengan gerakan melingkar berlawanan jarum jam selama 20 detik untuk setiap bagian. Gerakan melingkar ini berfungsi agar bulu sikat dapat membersihkan plak yang terselip di celah gigi dan gusi.
  3. Lidah harus dibersihkan. Banyak yang tidak menyadari bahwa kotoran dari makanan tidak hanya menyerang gigi, tapi juga lidah. Jika gigi telah bersih, kotoran di lidah bisa menempel kembali dan menyebabkan plak di gigi.
  4. Menyelesaikan dengan obat kumur dan/atau dental floss. Banyak bagian yang tidak bisa dijangkau oleh sikat gigi, sehingga perlu ditunjang dengan bantuan obat kumur dan dental floss.
  5. Menyikat dengan perlahan dan tidak terburu-buru. Perlu diingat bahwa peradangan dan luka pada gusi bisa terjadi karena gerakan menyikat yang kasar dan cepat.
  6. Pilih pasta gigi yang sesuai dengan kondisi gigi dan mulut.

Menyikat gigi dengan baik saja adalah salah satu cara untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi. Untuk hasil yang maksimal, perawatan rutin oleh tenaga ali yang kompeten tetap diperlukan.

Untuk perawatan oleh dokter gigi terbaik se Jakarta, Pondok Gigi, Klinik Gigi yang beralamat di Jalan Antasari 20b, silakan hubungi 0812-3206-6161 untuk membuat janji kunjungan.

Recommended Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.