Masalah Gigi yang Umum di Masyarakat

Ada banyak sekali masalah gigi yang sering terjadi di masyarakat kita. Yang paling umum orang mengenalnya sebagai sakit gigi. Namun beda penyebab, beda kondisi, maka bisa beda pula penyebabnya. Beda pula penanganannya. Bagaimana cara kita mengenalinya?

Menurut situs hellosehat, penyakit gusi atau periodontis adalah keluhan paling umum yang sering terjadi. Masalah ini sebenarnya disebabkan infeksi gusi parah yang dapat menyebabkan kerusakan pada jaringan lunak dan tulang penyangga gigi. Akibatnya gigi menjadi goyah dan bisa tanggal begitu saja.

Lebih lanjut, gingivitis atau radang gusi adalah inflamasi atau peradangan yang terjadi pada gusi. Kondisi ini menyebabkan gusi menjadi merah dan bengkak. Adanya campur tangan miroorganisme mampu menghasilkan produk berbahaya yang dapat menyebabkan kerusakan pada epitel dan sel – sel jaringan penghubung, sehingga bisa berujung goyah dan tanggalnya gigi secara tiba-tiba.

Plak adalah tumpukan kotoran disertai berkumpulnya berbagai kuman yang menyebabkan gigi menjadi kotor, berbau, dan bila dibiarkan menjadi karang gigi. Lama kelamaan, karang gigi yang dibiarkan akan berubah menjadi coklat dan menghitam.

Erosi gigi adalah terkikisnya lapisan gigi terluar atau enamel akibat bertumpuknya asam di mulut. Enamel adalah lapisan keras pelindung gigi, yang melindungi dentin yang sensitif. Bila terlanjur rusak, maka yang terjadi adalah rasa ngilu dan sensitif pada gigi, sehingga menyulitkan penderitanya makan dan minum, terutama yang panas, dingin, atau keras.

Gigi berlubang adalah kondisi yang sering terjadi namun dibiarkan saja oleh penderitanya, walaupun telah menimbulkan masalah. Dalam kondisi ini, bakteri yang berkembang biak di mulut menghasilkan asam yang dapat mengikis lapisan gigi sehingga gigi menjadi berlubang. Semakin dalam pengikisan lapisan gigi terjadi atau semakin dalam gigi berlubang, maka semakin terasa menyakitkan.

Semua kondisi ini bisa dicegah asalkan kita mau memeriksakan dan merawat gigi dan mulut secara rutin. Tentunya perawatan ini mesti dilakukan di tempat yang terbaik dan menyediakan tenaga ahli yang terbaik dan dilengkapi fasilitas yang terbaik pula.

Untuk perawatan dengan fasilitas terbaru dan terkini dan peralatan yang menjaga kita dari penularan, Pondok Gigi, Klinik Gigi yang beralamat di Jalan Antasari 20b, silakan hubungi 0812-3206-6161 untuk membuat janji kunjungan.

Recommended Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.