Crowning Gigi, Kapan Diperlukan?

Semua orang pasti ingin gigi indah yang rapi dan rata. Crowning adalah salah satu tindakan yang belakangan populer untuk mendapatkan bentuk gigi yang sempurna. Apa yang perlu diperhatikan saat melakukan crowning gigi?

Menurut situs alodokter, crowning adalah metode pemasangan selubung gigi palsu di atas gigi yang rusak atau patah. Layaknya mahkota gigi asli, crown gigi berfungsi untuk memperbaiki tampilan dan melindungi gigi dari kerusakan yang lebih parah. Lebih dari sekedar perawatan untuk kecantikan, crowning juga mengembalikan bentuk, ukuran, kekuatan, dan melindungi gigi yang rapuh. Namun ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum melakukan crowning.

Sebelum crowning, dokter gigi akan menganalisa seberapa jauh kerusakan gigi yang timbul dan menentukan bahan crowning yang paling tepat. Bahan ini bisa berupa logam, porselen keramik, resin, porselen logam, atau stainless steel. Bahan logam digunakan untuk gigi yang tidak tampak dari luar. Sementara bahan stainless steel digunakan untuk sementara atau pada gigi anak-anak.

Selanjutnya pemeriksaan kondisi gigi dan mulut akan dilakukan untuk memastikan kondisi akar gigi dan dan tulang di sekitar gigi. Jika kerusakan yang terjadi parah, misalnya ada kerusakan akar gigi, maka akan dilakukan perawatan terlebih dahulu agar masalahnya benar-benar tuntas.

Selanjutnya cetakan crown gigi akan dibuat selama 2-3 minggu. Sementara gigi akan diberikan crown sementara sampai crown permanen selesai dibuat. Setelah crown permanen selesai dibuat, crown sementara akan dibuang dan dibersihkan.

Crowning gigi bukan berarti seluruh masalah gigi menjadi tuntas. Ada masalah lanjutan yang bisa mengikuti seperti gigi menjadi lebih sensitif, crown retak atau pecah, gigi di bawah crown jadi berlubang, reaksi alergi terhadap bahan crown, dan sebagainya. Untuk itu walaupun pemasangan crown permanen telah selesai dilakukan, tetap harus dilakukan pemeriksaan secara berkala oleh dokter gigi.

Untuk perawatan dan pemeriksaan gigi oleh tenaga profesional dan terbaik di bidangnya, silakan kunjungi Pondok Gigi yang beralamat di Jalan Antasari 20 b, Cipete, Jakarta Selatan. 

Recommended Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.